888TopicPost_Blog888
@Comment=all@
$View=all$
Smartphone yang digunakan ternyata butuh perhatian juga, karena kemampuan dan kecepatanya bisa munurun secara drastis, sehingga menghambat proses penggunaanya.

Pada Smarphone, dikatakan smart karena memiliki kemampuan yang luar biasa dalam membantu seluruh aktipitas koneksi manusia secara instan dan cepat. Pabrikan smartphone juga berlomba-lomba menghadir spesisifikasi yang sangat luar biasa untuk dapat menerima tantangan kemajuan zaman khususnya pada bagian kecepatan dan kapasitas dari sebuah smartphone.

Tetapi tidak hanya sebatas perangkat dan sistem teknologi yang canggih dapat menunjang kecepatan dan kapasitas yang mumpuni pada sebuah smartphone. Ada banyak hal yang sangat berkaitan dengan kecepatan dan kempuan smartphome untuk dapat dipergunakan dengan baik.

Ternyata kebiasaan pengguna smartphone juga sangat berperan, baik langsung maupun tidak langsung, kebiasaan ini menjadikan sebuah smartphone yang canggih sekalipun akan mengalami penurunan peforma kecepatan dan kapasitasnya dalam memproses data dan koneksi yang dijalankannya.

Kebanyakan para pengguna smartphone berprilaku hanya sebagai pengguna kecangihan dari sebuah smartphone yang dimilikinya. Pada hal sesuatu yang digunakan untuk sebuah atau beberapa aktifitas dalam jangka waktu tertentu memerlukan perawatan secara berkala, agar smartphone selalau smart dan fit untuk memproses kebutuhan data dan koneksi para pengguna smatphone tersebut.

Pabrikan smartphone selalu mengembangkan teknologinnya. agar smatphone yang mereka rakit dan pasarkan kepada masyarakat selalu dalam keadaan yang smart dan fit untuk memproses kebutuhan para penggunanya. Tidak sedikit kita temukan, metode dan sofware yang diciptakan pengembang untuk merefresing smartphone agar selalu fit dan smart, agar penggunanya mendapat kenyamanan dalam penggunaan smartphone yang mereka pasarkan.

Tetapi perlu diingat metode dan sofware ini ada yang berjalan secara otomatis, dan ada juga yang membutuhkan keterlibatan aktif pengguna smartphone untuk menjalankan aktifitas berkala sehingga smartphone bisa berjalan seperti yang diharapkan.

Contohnya, proses uninstall suatu produk aplikasi, proses ini adalah proses dimana pengguna berasumsi dan berfikir untuk membuang sebuah aplikasi yang telah terinstall di smarphone-nya. Uninstall merupakan sebuah aktifitas sofware yang telah disediakan deplover aplikasi yang berjalan secara otomatis, tetapi tindakan untuk uninstall-nya diperlukan peran aktif dari pengguna smastphone itu sendiri.

Biasanya, setelah proses uninstall dijalankan pada sebuah program aplikasi, maka aplikasi tersebut akan menghilang dari menu yang tertera pada sebuah smartphone, dan tidak dapat diakses kembali. Benarkah file dari sebuah aplikasi yang sudah di uninstall benar-benar hilang dari sebuah data di smartphone yang digunakan ?

Ternyata tidak, masih ada file tersisa yang tertinggal pada data smartphone tersebut, yang tidak bisa terhapus, walaupun sudah kita uninstall berulang kali. Masih ada file dari sebuah aplikasi yang kita uninstall tertinggal dan menghabiskan ruang penyimpanan smartphone. Semakin sedikit media penyimpanan pada sebuah smartphone maka smartphone juga akan semakin lambat. Karena system yang ada di smartphone akan terus memproses sisa file yang tertinggal saat di uninstall pada aplikasi yang kita hapus. Muncul pertanyaan, jadi harus bagaimana ?.


Mengatasi Smartphone Lamban Dan Lemot
Pada dasarnya sebuah smartphone dirancang untuk sebuah aktifitas yang cepat, tepat, dan akurat. Bahkan pariabel kecepatan, ketepatan,  dan keakuratan menjadi dasar pemikiran untuk memilih sebuah smartphone. Banyaknya pilihan program aplikasi yang dapat di install pada sebuah smartphone, terkadang pengguna tidak hanya menginstal program aplikasi yang mereka perlukan saja, banyak dari pengguna smartphone menginstal sebuah aplikasi hanya sekedar mencoba sebuah aplikasi. Salah satu kebiasaan ini yang mengakibatkan kinerja sebauh smartphone menjadi lamban dan lemot.

Adakah cara untuk mengatasinya ?.
Cara mengatasinya ternyata ada, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar sebuah smartphone tetap memiliki kinerja yang handal. Cara ini dapat dilakukan dengan mudah oleh para pengguna smartphone, diantara sebagai berikut :

Pasanglah sebuah program aplikasi yang paling anda rasa perlu untuk anda gunakan, jangan berlebihan.
Sesuaikan kemampuan smartphone dengan spsifikasi sebuah progran aplikasi, setiap aplikasi pada umumnya menjelaskan speksifikasi smartphone terbaik untuk bisa menjalankan program aplikasi mereka, jangan paksakan menginstal sebuah program jika spesifikasi smartphone anda dibawah standart deplover sebuah pengembang program aplikasi.
Selalu mendapatkan update sistem smartphone terbaru dari sebuah sistem pada smartphone yang anda miliki.  Pada umunya pabrikan smartphone akan terus memperbaiki sofware inti pada smartphone mereka, update tersebut untuk mengatasi dan memperbaiki bug-bug agar smartphone memiliki kinerja yang baik.
Menghapus file yang tidak digunakan lagi, baik file data, video, dokumen, file sisa uninstal dan lainya, agar ruang penyimpanya di smartphone anda senantiasa lapang.
Jangan sembarang menginstal sebuah aplikasi, bisa jadi aplikasi tersebut berisi virus yang memperlambat kinerja smartphone anda.
Lakukan restart berkala, dengan cara mematikan dan menghidupkan kembali dalan jangka waktu tertentu, bisa 1 minggu sekali atau 3 hari sekali.

Cara yang mudah untuk dilakukan untuk menjadikan sebuah smartphone memiliki kinerja yang bagus. dengan melakukan beberapa hal yang tersebut diatas, maka smartphone yang anda gunakan akan bekerja secara optimal baik dari kinerja, kecepatan, kemampuan, keakuratan, kapasitas yang lebih baik.

Mengapus file yang tidak diperlukan lagi
Pada setiap progaram aplikasi, pastinya memiliki file untuk menyederhanakan pembacaan sistem pada sebuah aplikasi, ada banyak jenis file pada satu program aplikasi, ada yang berbentuk *.exe, *.dat, *.jpg, dan banyak lagi lainnya. Data yang bentuk file ini memiliki besaran kapasitas, ada yang berukuran byte, Mbyte, Gbyte, Terabyte, tergantung besar kapasitas yang diperlukan untuk sebuah file.

Pada sebuah program aplikasi untuk smartphone biasanya terdapat banyak jenis file didalamnya, dimana file ini sebagai media penyimpanan dan juga media sistem yang bekerja pada satu program aplikasi. Terkadang kita tidak tau, sebuah program aplikasi, sistem kerjanya sebagi pengumpul data dari sebuah informasi, contoh aplikasi WhatsApp, pada aplikasi ini banyak informasi yang didapat dalam bentuk gambar, ataupun video singkat, yang mana jika itu terdownload, maka file tersebut akan tersimpan secara otomatis ke dalam ruang penyimpanan semartphone, terkadang ini tidak menjadi perhatian oleh para pengguna smartphone.

Dari pengalaman penulis yang pernah menemukan sebuah smartphone yang ruang memorinya penuh menyimpan file photo WhatsApp hasil kiriman dari berbagai tempat mencapai 5.500 buah photo. Pada saat saya tanya, photo sebayak itu apakah perlu disimpan semuanya?, jawab pengguna smartphone ini, tidak, mengapa tetap disimpan sebanyak itu?, jawabnya, saya tidak tau ternyata fhoto yang dikirimkan melalui aplikasi ini dan saya lihat secara otomatis tersimpan pada media penyimpanan di smartphone saya. Dari pengalaman penulis diatas, ternyata banyak pengguna smartphone yang tidak tahu bahwa ada beberapa aplikasi yang bersifat mengumpulkan data secara otomatis.

Kita bisa banyangkan jika satu file data berukuran rata-rata 2 Mbyte saja, jika dikali 5.500 file fhoto, maka kapasitas penyimpanan yang dipergunakan sebanyak 2 Mbyte x 5.500 file = 11.000 Mbyte atau setara 11 Gbyte.

Jadi agar smartphone bisa selalu bugar dan berkinerja baik, hal diatas salah satu yang harus menjadi perhatian, yaitu menghapus secara permanen file yang sudah dianggap tidak diperlukan lagi, semakin banyak file yang tidak diperlukan tersimpan, maka kinerja smartphone yang kita gunakan akan semakin lambat.

Menghapus Sisa File Pada Proses Uninstall
Pada jenis file ini, adalah file yang berbentuk data Cache, dinama file ini tidak terhapus secara otomatis saat kita melakukan uninstal pada sebuah program aplikasi di sebuah semartphone, jenis file ini harus dihapus secara manual. Jika kita banyak menginstal program dengan progran yang lumayan berat maka file data chace juga akan banyak kapasitasnya, yang akan memenuli ruang penyimpanan di smartphone kita.

Apa itu Cache ?
Cache adalah data sementara dari sebuah apklikasi yang terpasang dan tersimpan di tempat penyimpanan pada smartphone. Setiap aplikasi yang dijalankan pada smartphone memiliki data cahce-nya masing-masing, dan bentuk data ini memerlukan ruang penyimpanan. Semakin banyak sebuah aplikasi digunakan maka data cache akan semakin banyak membutukhkan ruang penyimpanan. Sebagai contoh, saat aplikasi melakukan perambanan atau terhubung dengan situs atau lagi online dan menemukan sebuah gambar atau tampilan, maka tampilan gambar tersebut akan secara otomatis tersimpan dalam betuk file data cache.

Bentuk file  data cahce pada sebuah program aplikasi di smartphone adalah sebagai media untuk mempercepat kemampuan sebuah sistem program aplikasi pada sebuah smartphone untuk dapat berjalan serta menampilkan dan memproses sebuah permintaan pada program aplikasi yang dijalankan. Sehingga tampilan yang sudah pernah dibuka akan tampil secara otomatis tanpa penggunaan kuota internet yang terlalu banyak.

Saat dilakukan uninstal pada satu progran aplikasi, terkadang, bahkan sering file data cahche ini tidak terhapus, dan akan tetap tersimpan selamanya jika kita tidak melakukan pengahapusan file data chche dari sebuah aplikasi yang sudah kita uninstall. Jadi bagaimana caranya ?.

Caranya adalah, melakukan pengapusan secara manual pada file data cahce-nya sebelum aplikasi diuninstall. Berikut tahapannya :

Buka setelan APP pada smartphone
Pilih aplikasi yang akan diuninstal
Tab ke bagian Penyimpanan dan Memori
Hapus file pada bagian file Cache
Setelah itu Tab ke Copot Pemasangan / Uninstall Program
Jadi dari keterangan tahap-tahap diatas sudah dapat kita pastikan aplikasi yang kita uninstal, file data cahce sudah terhapus secara sempurna. Dengan banyak mengurangi data cache pada sebuah smartphone sangat membatu meningkatkan kinerja smartphone ketingkat yang lebih baik.

Demikian pembahasan kali ini tentang bagaimana menghapus file data cache pada smartphone untuk dapat mingkatkan kinerja sebuah smartphone semakin baik. Terimakasih.